Senin, 26 Mei 2014

Tugas Akhir Sukses!

24.05.2014

Hari ini H-1 menuju pelaksanaan tugas akhir di kelas fiksi. H-1 ini dipakai buat latihan, khususnya buat kak Jamilah dan Fathiya yang akan menjadi moderator esok hari. Yang pertama maju buat latihan, gue sama kak Jamilah. Disitu saat kak Jamilah latihan jadi moderator, entah dia mau muji beneran atau mau muji boong-boongan, dia bilang kalau buku yang gue buat menarik. Padahal aslinya? Jauh dari kata menarik, dsb.

“Ya, buku yang sangat menarik, bukan?”

Gue langsung nyeletuk, “Hah? Apanya yang menarik?”  

Seketika semua yang ada disitu tertawa lepas, kelas pecah! Gue berasa jadi stand up comedian yang berhasil bikin punchline. Tuh kan, gue jadi pengen ketawa lagi, HUAHAHAHAHA XD. Setelah gue, abis itu Fathiya dan Pak Ari. Mereka berdua lancar-lancar aja.
Hari ini juga gue jadi bingung sendiri, kenapa? Oke, jadi ceritanya tadi ditanyain, "Nanti yang bedah bukunya siapa?" Hah? Maksudnya?

Jadi, ternyata, kalau mau membedah buku itu memang ada satu orang yang khusus membadah bukunya. Ngerti nggak? Jadi, moderator sama pembedah itu beda. Oh tidak, gue tidak menyiapkan itu. dan, gue pun baru ngeh hari ini. Haish.

Lalu? Apa yang akan terjadi besok kalau tidak ada pembedahnya? Sedangkan kita udah bagi-bagi poster dengan judul bedah buku! Bagaimana jika besok ada audience yang bertanya "Ini pembedahnya mana?" atau "Kok begini? Katanya bedah buku!". Oh tidaaaaaaaak!! Sore itu, selama kelas berlangsung, gue nggak fokus. Terus kepikiran buat besok harus gimana, duh..

25.05.2014

Malam tadi gue nggak bisa tidur. Hanya tidur sebentar-sebentar, dan parahnya, di tidur yang sebentar-sebentar itu, gue sampai bermimpi bahwa hari ini gue telat datang dan acaranya gagal total! Dan, beberapa kali bangun di tengah malam, pas kebangun langsung keingetan buat acara hari ini. *ini serius* Mimpi seperti itu lebih menakutkan, dibadingkan bermimpi bertemu dengan jin botol saus.
Pagi ini sebelum berangkat, gue membungkus terlebih dahulu bingkisan untuk penulis, pas udah selesai dua-duanya. Tiba-tiba gue keingetan "Tadi harganya udah dicopot belum, ya?" Zzzz, gue bongkar lagi. Ternyata, benar saja, harganya masih nempel cantik di barang itu.

Gue berangkat habis dzuhur, sedikit terjebak macet di Cibubur. Pukul 14.00 gue sampai di Kalibata City, muter-muter nyari toko buku Leksika. Baru aja sampai, ada whatsapp dari kak Windry, menanyakan lokasi. Pas lagi ngetik pesan, kak Windry keburu nelpon duluan. Ternyata kak Windry sudah di Leksika! Sesampainya di Leksika, gue langsung nyari kak Windry, dengan bermodal nekat, gue menyapa seorang wanita dengan baju biru muda lengkap dengan kerudung warna senada. Untung aja nggak salah orang, fyuh. Karena Fathiya yang mau jadi moderator, gue membiarkan Fathiya ngobrol-ngobrol sama kak Windry biar nanti nggak canggung pas acara dimulai.

Setelah selesai, gue kedepan, melihat toko buku yang sangat sepi. Disitu gue udah deg-degan nggak karuan, dalam hati

“Kok sepi? Siapa yang akan jadi audience?”

“Duh, ini gagal deh”

“Aaah, kok gini sih?”

“KENAPA SEPI BANGET!”

“INI TIM HORE GUE KEMANA!”

Yah, sepertinya ini kenyataan yang harus diterima. Bahwa hari ini sepi dan kemungkinan besar yang datang sedikit. Beberapa belas menit sebelum dimulai, terlihat ada 3 orang yang duduk! Gue girang banget. Yang tadinya kosong, akhirnya keisi. Detik-detik segmen pertama dimulai, kursi satu per satu terisi.

Fathiya langsung memulai ngobrol seru bareng kak Windry, dia nggak kelihatan gugup sama sekali. Gue nggak nyangka kalau Fathiya bakalan setenang ini. Pas udah beberapa belas menit dimulai, di meja ada yang tertinggal. Setelah dilihat-lihat, minum! Syial, lupa nyiapin minum! Akhirnya, Kak Ade yang beli minum.

Sore itu kak Windry menceritakan si novel terbarunya yang berjudul Interlude. 30 menit berlalu, sesi tanya jawabpun dimulai. Bayak yang mengangkat tangan, ingin mengajukan pertanyaan. Sayang sekali, gue lupa bawa recorder. Jadi, nggak ingat semuanya yang dibicarain sore itu.

Di tengah-tengah acaranya kak Windry, datang kak Chogah, uwow, bawa pasukan banyak banget. Beberapa kursi yang masih kosong terisi penuh. Itu artinya…. Sesuai target! Yes! 1 jam berlalu, Setelah selesai, kita langsung lanjut lagi ke segmen kedua. Tetapi, sebelumnya ada waktu buat audience yang mau minta ttd atau foto bareng sama Kak Windry. Sebelum segmen pertama benar-benar diakhiri, SMKI memperkenalkan diri.

Sementara itu, gue lagi ngobrol sama kak Jamilah. Dia lagi ngetest pertanyaan gitu ke gue. Dengan senang hati gue ngedengerin dia yang lagi ngomong sendiri. Berkali-kali dia salah nyebut nama, ‘Chogah’ jadi ‘Congah’.

“Kak Jamilah, Chogah. Bukan Congah. Jangan aja sampai salah nanti” Gue mengingatkan lagi tentunya sambil ngakak gara-gara ngeliat kak Jamilah salah terus, entah sudah yang keberapa kalinya gue ngebetulin kak Jamilah.

Lalu, kak Jamilah komat-kamit “Chogah, Chogah, Chogah.” Berusaha mengingat namanya.

Segmen kedua dimulai, pembukaan dari kak Jamilah keren, nggak kaku kayak yang pas latihan. Tapi… tunggu dulu, kuping gue mendengar sesuatu yang janggal. Congah? MUAHAHAHAHA. Setelah 2 kali salah sebut nama, semua tersadar dan… ketawa. Yang lebih parahnya lagi, kesalahan itu terus berulang beberapa kali selama acara ini berlangsung. HUAHAHAHA XD Kak Ade yang tadinya duduk di depan pindah, sambil bilang "Nggak kenal ah, nggak kenal"
Pembawaan kak Jamilah asik, nggak bikin bosen. Pencampuran kata-katanya juga membuat yang mendengar cengar-cengir­. Dan, terkesan lebih berbaur dengan audience. Disini juga kak Jamilah lebih banyak bertanya, menggantikan disaat tidak ada audience yang bertanya.
Satu jam berlalu begitu cepat, segmen ke 2 sekaligus yang terakhir selesai. Gue masih nggak yakin kalau ini udah selesai, ini cuma segini aja? Kok cepet banget ya :| Setelah sepi, kita ber-6 berkumpul dulu, evaluasi dan memberikan kesan-kesan. Lalu, bubar dan pulaaaang, fyuh, yang gue kira hari ini bakalan kacau balau, ternyata sukses banget.

---

Special thanks to Windry Ramadhina dan Setiawan Chogah yang bersedia hadir, dan membuat tugas kita sukses! Maaf, kalau selama acara kemarin kita masih kurang banyak dalam segala hal. Jangan kapok ya kalau kita undang lagi, hehe. Ditunggu buku selanjutnya, ya!
Tengkyu juga buat, Fathiya dan Kak Jamilah yang sudah bersedia jadi moderator *Kalian keren loh, pas latihan gugup. Pas lagi mulai beneran, kalian lancar banget, apalagi kak Jamilah, total banget euy. Uhuk!*- . Kak Ade yang juga bersedia menjadi MC dan membuat poster *posternya kecee*. Pak Ari yang sudah banyak membantu di bagian dana *Tengkyu, Pak! Hihi*. Tanpa kalian acara ini bukan apa-apa, kalian semua keren!
Dan, untuk Mas Senda Irawan sebagai guru di kelas fiksi SMKI, tengkyu udah ngasih tugas akhir yang berkesan dan nambah pengalaman buat kita semua. Tengs juga buat 2 bulan ini udah ngasih banyak pelajaran dan pe-er buat kita, hahaha. Diantara tugas yang lain, tugas akhir ini yang paling menantang, seru, mantap, kece! *walaupun di awal bikin gloomy, halah.-.Tapi, akhirnya seru banget! Pokonya mah tengs lah!* 

TUGAS KITA SUKSES! KALIAN KEREN!

---

Ini foto-foto seru kemarin hasil @ailsaafh dan yang dua terakhir dari @fathiyaainun


Windry Ramadhina


Setiawan Chogah






Windry Ramadhina dan Fathiya Zahira

Setiawan Chogah dan Siti Jamilah
Booksigning w/ kak Windry
Booksigning w/ kak Chogah


Pak Ari MC dari SMKI



Kak Ade MC dari SMKI

 
 
Kiri: Gue, Kak Jamilah, Mas Senda, Pak Ari, Kak Chogah, Kak Ade, dan Fathiya
by: Fathiya



Kiri: Mas Senda, Kak Jamilah, Kak Windry, Fathiya, Kak Ade, gue dan Pak Ari
by: Fathiya
 


10 komentar:

  1. yuhuuu... reportingnya keren banget :D hehe nanti aku menyusul yak! hihi

    BalasHapus
  2. sayang banget ya kt gk record obrolan bareng ka windrynya:(( argh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih :D Ayo, punyamu kutunggu! Iya, recordernya ketinggalan;(

      Hapus
  3. kamu emang sekolah dimana, kok ada kelas fiksi gitu? wihhhh.
    waktu itu yg kamu nawarin di wa JB, aku kepikiran mau dateng tapi gak tau tempatnya dan gak ada temannya :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngga sekolah, homeschooling. Yang aku ikutin sekolah menulis doang, hehe.

      Iya, yg kemarin di grup wa :D Yah, sayang banget ya..

      Hapus
  4. Wii pasti seru nih jadi panitia-panitia acara kayak gini.
    ngomong-ngomong sekolah fiksi SMKI itu gimana ya? aku tertarik deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget :D

      Ngga cuma fiksi aja, ada non fiksi juga. Kebetulan, bulan ini baru selesai kelas fiksi. Aul buka ini aja, biar lebih jelas, hehe.

      http://sekolahmenuliskreatif.wordpress.com/2013/11/27/pertama-di-indonesia-kuliah-untuk-jadi-penulis-pro-writerpreneur/

      Hapus
  5. Yang tertinggal itu namanya 'Rundown', coba cari apa dan bagaimana itu...

    BalasHapus
  6. Artikel yang menarik, kunjungi balik blog kami ya :)

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus
  7. It's really a great and useful piece of information. I'm glad that you just shared this helpful information with us.
    Please stay us informed like this. Thanks for sharing. :)

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp |
    http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus

Copyright © 2014 Ailsaafh's Blog