Selasa, 03 Desember 2013

Kegagalan Awal Dari Keberhasilan!


Kegagalanawal dari keberhasilan! Gue percaya banget sama kata-kata itu, orang-orang sukses itu pasti pernah mengalami kegagalan. Gue baru pertama kali ngalamin sebuah kegagalan beberapa bulan yang lalu, rasanya itu lebih nyesek dari pada dicuekin gebetan.-. Jadi giniceritanya…

Beberapa bulan yang lalu salah satu penerbit di Indonesia, Bukune. Ada lomba novel romance gitu, semangat gue langsung membara. Dan seketika otak guelangsung encer banget, ide-ide bermunculan begitu saja. Berhubung gue tiap hari dirumah, gue bisa ngetik tiap waktu. Tiap hari gue bisa ngetik 3-4 halaman, lumayan pegel juga mikirnya. Saat masih proses ngetik, otak gue nggak pernah berhenti mikir gimana kelanjutan ceritanya. Akhirnya setelah satu bulan penuh naskah gue selesai,  rasanya itu seneng banget lebih seneng daripada diajak ngobrol sama gebetan.-.

Jujur aja, ini pertama kalinya gue berhasil menyelesaikan naskah novel. Sebelumnya gue juga sering  ngetik dengan tujuan bikin novel, tapi nggak pernah selesai selalu aja berhenti ditengah jalan. Setelah  selesai, gue baca-baca lagi tulisan itu. Setelah mantap gue langsung ngasih naskah ke bokap buat di print terus dikirim ke penerbit. Kalau nggak salah naskah itu selesainya 1 minggu sebelum deadline. Eh,  tiba-tiba aja bokap sms, deadline lombanya diperpanjang . 

Akhirnya naskahnya nggak jadi dikirim, mau di edit-edit lagi biar makin kece. Jadi, 1 bulan buat ngetik  1  bulan lagi buat ngedit, pas naskah udah bener-bener dikirim rasanyaitu deg-deg-an banget. Deg-deg-annya itu lebih deg-deg-an dari pada ketemu sama gebetan. Tiap hari gue berdo’a biar naskah gue keterima,  tapi ternyata do’a juga belum cukup. Setelah satu bulan kemudian pas haridimana hari pengumuman,  dari pagi gue udah bolak-balik ngecek wesitenya bukune, cek timeline twitter dan facebooknya bukune tapi belum ada satupun nama yang muncul. Hingga akhirnya, terakhir jam 3 sore gue buka masih belum ada juga. Dan gue berfikir, Ah, palingan pengumumannya di perpanjang. Gue langsung nutup laptop, abis itu kabur ngabuburit .

Menjelang maghrib gue dapet sms dari bokap, katanya naskah gue belum keterima pesertanya pun sekitar 1000-an orang. Ah, rasanya itu gue pengen nangis, marah tapi sama siapaaaaaa? Akhirnya gue curhat sama twitter,  malam itu gue langsung ngetwit galau nyindir tentang kekalahan. Asli, malam itu gue nggak bisa tidur dengan tenang. Tapi gue positif thinking aja, bahwa naskah gue nggak keterima bukan karena tulisan gue jelek tapi emang tulisan gue aja yang kebaca, kebayangkan 1000 naskah yang masuk? Bisa aja naskah gue nyempil terus akhirnya nggak kebaca, :p

Kenapa nggak dikirim ke penerbit lain?

Ah, gue ngerasa tulisan gue juga masih belum bagus. Alur cerita yang masih ribet dan nggak nyambung.
---
Banyak yang bisa gue dapatkan setelah kekalahan gue ini, salah satunya gue jadi lebih bersemangat untuk mengahasilkan sebuah karya yang benar-benar‘wah’ .Gue ngerasa kekalahan gue ini adalah pecutan buat gue agar bisa lebih lebih lebih segalanya.

4 komentar:

  1. ambil sisi positifnya aja, untuk memulai menulis novel aja uda awak ancungin jempol laah :))
    tetap semangat!
    btw, kayaknya font dan template blognya perlu di percantik lagi nih :D

    BalasHapus
  2. Siaaap :)) Iya nih mbaak, ini juga aku lagi edit-edit blognya. Bingung banget, aku masih newbie soalnya, huhu :(

    BalasHapus
  3. Kegagalan untuk pembelajaran biar jadi lebih baik, tetep semangat! :)

    BalasHapus

Copyright © 2014 Ailsaafh's Blog