Jumat, 11 Juli 2014

Main ke Elex Media Komputindo!

Hari ini (10.07.2014) gue akan menunjungi salah satu penerbit besar di Indonesia. Gue tidak sendiri, bareng sama anak-anak SMKI – Sekolah Menulis Kreatif Indonesia –. Siang ini gue berangkat dari rumah jam 10an. Karena belum tahu kantornya dimana, kita berangkat bareng sama Pak Dodi dari Cikeas. Sekitar pukul 11 gue sampai di Cikeas, disana udah ada Kak Jamilah. Setengah jam kemudian Fathiya datang. 

Tepat pukul 12.30, kita berangkat. 

Kira-kira 1,5 jam kemudian, kita udah sampai di tempat yang dituju. Masuk ke gang kanan-kiri semuanya gedung kompas. di kanan Kompas Gramedia, lalu di kiri Kompas TV, se grup ada disitu. Oh iya, hari ini gue ke penerbit Elex Media Komputindo. 

Pas masuk tasnya di periksa dulu dibuka satu-satu. Nggak bawa bom kok, Pak Satpam. Kita langsung ke lantai 2, disana tempatnya Elex. Jadi satu gedung itu ada beberapa penerbit, ada Elex, Grasindo, GPU dan lain sebagainya.

Disana kita ketemu sama Pak Vincent – lupa bagian apa, hehe –. Awalnya kita diruang tamu, tapi setelah itu diajak ke ruang meeting. Pertama-tama, kita disuruh memperkenalkan tema yang kita bawa dan ngasih contoh beberapa bab. Pagi tadi gue bawa 3 bab, tapi semuanya masih setengah-setengah. Ya, soalnya kalau non fiksi itu ngerjainnya nggak berurutan. Setelah itu, naskah kita di cocok-cocokin. Gue sama Kak Ade masuk di parenting, Fathiya religi, Pak Ari sejarah dan Kak Jamilah inspirasi. Lalu, kita diperkenalkan ke editor yang memegang di bagian tersebut. Agak kaget sih, ternyata naskah gue ini masuk ke bagian parenting.  

Sedang mengajukan naskah
Pak Vincent sedang menyimak rencana buku kita
Setelah itu, kita langsung di kenalkan ke editor yang dimaksudkan. Gue sama Kak Ade ketemu sama Bu Julia Suzana, dia editor di bagian parenting. Fathiya ketemu dua editor, pertama editor dibagian buku-buku religi Bu Linda Razad. Karena temanya remaja, Bu Linda nyambungin Fathiya ke editor yang buku-buku remaja, Kak Luky. Pak Ari ketemu editor buku-buku sejarah (kalau nggak salah) Pak Eko. Sayang sekali, editor yang dibagian Kak Jamilah rupanya sedang tidak ada disitu.

Kita ngobrol-ngobrol diruang tamu, tempatnya asyik, kanan-kirinya rak yang berisikan buku-buku (kebanyakan komik). Pertama-tama, kita memperkenalkan naskah. Kak Ade yang cerita duluan, gue nyimak sambil ngelirik Fathiya yang lagi ngobrol sama Bu Linda. Setelah Kak Ade selesai, barulah gue beraksi.

Ngapain aja?

Kita mengajukan naskah, nanti editornya nanya-nanya yang berhubungan sama calon buku kita. Minta pendapat apa lagi yang harus ditambah dan dikurangi. Lalu nanti pasar buku ini di khususkan untuk anak-anak atau orang dewasa. Kurang lebihnya begitu sih. Ngobrol sama editor itu enak, dapat masukan dan kritikan yang bisa membuat tulisan kita lebih bagus lagi. Rada grogi, walapun sebenarnya udah latihan ngobrol sama editor di kelasnya Mas Senda. Padahal gue udah nyusun apa aja yang mau diomongin, ada yang lupa-lupa sedikit.
 
Hasilnya? Masih digantung, belum ada jawaban. Iya, kan contoh naskahnya juga belum dibaca. Gue sama Kak Ade selesai duluan, contoh naskah yang kita bawa udah berpindah tangan ke Bu Lia. Buat selanjutnya, nanti kita diskusi via e-mail.

Gue ngelirik Fathiya udah ganti editor, keliatannya lagi asik ngobrol sama Kak Luky. Nggak lama mereka selesai, kita langsung ngeledekin Fathiya yang tampangnya lagi sumringah banget. 

“Kayaknya ada yang diterima nih, uhuk!”

“Hari Sabtu bukber ditraktir Fathiya, yes!”

Beberapa belas menit kemudian, kita semua selesai dan kembali ke kandangnya masing-masing. Di jalan, kita ditawarin lagi sama Pak Dodi,

"Mau ke Mizan? Berati harus bawa tema baru"

"Mauuuu"

Selanjutnya ke Mizan, yes!


Kanan ke Kiri: Pak Ari, gue, kak Ade, Fathiya, kak Jamilah dan Pak Vincent.

11 komentar:

  1. Wah seru abnget yaaaa XD itu SMKI itu sekolah apasih? XD

    BalasHapus
  2. Wah seru banget, ajak Jamban Blogger dong kak. :D

    BalasHapus
  3. Ailsaaaaa....... XD postingannya keren ;b yang penting kan masih bs ngobrol sama editornya via email :)) jgn pesimis dulu cuyy! mangats!! harusa selesai nih naskahnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apaaaaaa? Hahahaha XD
      Aku optimis kok B) Masih nunggu emailnya nih. Selesai mah wajib dong!

      Hapus
    2. Syip. Aku kirim email ya (naskahnya) tlg di baca XD dan di edit.... ksh masukan klo bisa. Thanks ail:))

      Hapus
  4. semoga cepet selesai naskahnya ailsaaa :D

    BalasHapus
  5. wahhh semoga sukses ya kamu :3 semangat!

    BalasHapus

Copyright © 2014 Ailsaafh's Blog