Minggu, 20 April 2014

#TalkWith Dy Lunaly


Selamat Malam! Postingan kali ini akan sedikit berbeda dari biasanya. Yap! Kali ini gue berhasil berbincang-bincang sama salah satu penulis yang karya-karyanya itu keren-keren! Salah satu novelnya yang pernah gue baca berjudul, Pssst…!. Iya, itu judulnya. Unik kan? Apalagi isinya! Kak Dy juga sudah punya 4 novel yang diterbitkan di Bentang Belia, judulnya, My Daddy ODHA, Remember Dhaka, NY Over Heels dan Pssst…!. Ada juga hasil bareng-bareng dengan judul, #CrazyLove: Move On.

Awalnya gue iseng-iseng aja kirim e-mail ke Kak Dy minta waktunya sebentar buat di kepoin. Waktu ngirim email itu nggak berharap dibalas juga sih, soalnya waktu itu pernah gue ngirim e-mail ke *sensor*. Sombongnya minta ampun! Cuma dibalas ‘Oh’. Kampret banget! Udahlah ya, nggak usah dibahas. Ternyataaaa… Kak Dy itu ramah banget! Nggak sampai 15 menit e-mail gue udah dibalas, dan dia bersedia buat gue repotin. Thank you so much! Mau tau keseruan cerita Dy Lunaly? Simak perbicangan singkat gue sama Kak Dy via whatsapp.

Ini dia Dy Lunaly! *ava twitter @DyLunaly *


---

Hai Kak Dy! Apa kabar? Sebelumnya, makasih banget ya, udah mau aku repotin siang-siang gini.

Hallo, kabarku sedikit kabur. But its okay *mulai absurd*

Aku suka banget sama novel Pssst…!, bisa ceritain sedikit nggak dapat ide dari mana?

Makasih banget udah baca dan senang banget kamu suka. Ide awalnya sih ingin nulis tentang sahabat dan perjalanan. Pernah dengar kan, kalau traveling itu bisa membuat persahabatan/hubungan makin kuat? Nah, itu yang ingin aku angkat.

Di novel Pssst…! Itu menceritakan tentang 5 orang yang tentunya sahabatan, keliling Eropa. Disitu Kak Dy menceritakan dengan detail setiap sudut Negara/Kota yang dikunjungi. Pasti Kak Dy sudah pernah keliling Eropa ya?

Aku belum pernah ke Eropa. Sama sekali belum, hehe. Pengen banget kesana. Tapi, sayangnya belum kesampean.

Serius? Wow! Tambah lagi novelnya Kak, kumpulin honornya buat keliling Eropa! Siapa tahu ketemu sama Kalyan di dunia nyata. *Tau Kalyan? Belum tau? Baca novel Pssst…!*

Serius. Aku bermodalkan blog-blog traveling dan google. Hahaha, pengennya sih begitu. Makanya borong novel aku dong!

Pssst…! Novel ke berapa? Coba di absen novelnya, nanti kalau ke toko buku, aku beli. Soalnya yang aku tahu Cuma Pssst…! aja, hehe

Novel ke empat, bareng Bentang Belia. Boleh banget! My Daddy ODHA, Remember Dhaka, NY Over Heels dan Pssst…! Dan ada juga buku keroyokan, #CrazyLove: Move On. Apa?! Cuma tahu Pssst…! aja? Errr…

*kabuuuur* Hahaha, sekarang lagi sibuk apa nih?

Baru selesai ngerjain novel dan novella remaja untuk Bentang Belia. Sekarang lagi merambah ke novel dewasa, hehe. Do’ain segera selesai, bagus dan disukai ya!

Aamiin! Aku juga lagi bikin novel nih. Ini ceritanya novel perdana gitu, do’ain juga ya! *kok jadi aku yang curhat*

Di do’akan segera selesain dan di terbitin.

Hmm… Apa lagi yaaa? Oh iya, proses penulisan novel Pssst…! Berapa lama Kak?

Nah, kalau buat Pssst…! Agak lama. Di awal-awal bolak-balik nggak sreg sama tulisan sendiri. Nggak tahu kenapa. Pokoknya kerasa nggak pas aja. Mungkin karena terlalu banyak yang pingin ditulis, terus bingung sendiri dan mungkin juga karena belum menemukan judul yang ‘pas’. Nulis ini awal Desember sampai Mei.

Tapi hasilnya memuskan banget kan Kak!

Ah, Syukurlah.

Satu lagi nih, cara ngatasin stuck ala Kak Dy gimana sih?

Kalau stuck, biasanya aku berhenti menulis. Dan ak melakukan hobiku yang lain seperti membaca, traveling dan motret. Nanti juga lama-lama langsung kangen nulis lagi. Eh, udah nih segini aja?

Satu lagi deh, kenapa milik terjun kedunia kepenulisan? Kasih pesan-pesan dong buat mereka-mereka yang habis baca ini, siapa tahu bisa jadi penyemangat agar bisa cepat menyelesaikan naskahnya.

Karena…. It’s simple. Menulis menjagaku tetap waras. Untuk pesan-pesannya, menulislah karena kamu ingin menulis. Menulislah karena kamu cinta menulis dan, menulislah dengan hati. Tsaaah, sok keren banget ya?

Makasih udah mau berbagi cerita sama kita-kita semua, jangan kapok ya aku kepoin gitu, hahaha.

Hahaha, aku malah senang kalau dikepoin. Nambah kenalan baru.

---

Gimana? Kak Dy ramah banget kan? Kalau mau tahu lebih banyak tentang Kak Dy, bisa follow twitternya @DyLunaly atau mau lihat tulisan-tulisan Kak Dy yang lainnya bisa di dylunaly.blogspot.com. Sampai disini dulu kita berbincang bareng Kak Dy Lunaly yaa. Ditunggu karya terbarunya, Kak!

NB: Bikin postingan kayak begini karena gue bosen dengan isi blog yang gitu-gitu aja. Gue ingin ada perubahan sedikit disini. Gue pengen ada postingan seperti ini 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali, biar nggak terlalu banyak dan nggak cepat bosan. Jadi, tunggu aja siapa yang bakalan jadi korban ke-kepo-an gue selanjutnya! HAHAHA~ Satu lagi, maaf yaaaa menu di atas belum semuanya bisa dibuka. Masih dibikin isinya, hehe.

13 komentar:

  1. dpt sedikit moodboster buat nulis.. hahha

    BalasHapus
  2. suka banget baca interview penulis begini. jadi tahu proses di balik naskah buku dibuat :)

    BalasHapus
  3. Jadi pengen ikut kepokeporia juga jaha over all bagus interviewyny, lain kali kepoin gue dung hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk. Buat #TalkWith selanjutnya kamu ya! Hahaha XD

      Hapus
  4. Perdana sih ngunjungi blog ini, dan untungnya langsung dapet postingan yang keren!!!
    BTW itu penulis buku Psst ah ramah banget kelihatan dari cara jawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, selamat datang! Makasih ya, iya, Kak Dy asik diajak ngobrol :D

      Hapus
  5. wui bocah home schooling,2 bulan gue tinggal gak ngeblog tulisan lo udah makin bagus aja ya hahaha sumpah tulisan nya semakin berkembang dan semakin bagus, sini #TalkWith gue aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeh, ada si Om. Iya dongs. Punya apa berani #TalkWith gue, haaah? Wakakakaka :p

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Sama juga mbak, gue juga pengen nulis novel, iseng-iseng ngetik baru selese dua BAB

    BalasHapus

Copyright © 2014 Ailsaafh's Blog